-->

Lampung Selatan Meraih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif, Pada Ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2023

Publish: Indragiri pos ----
KALIANDA SUMSEL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali mengukir prestasi di tingkat nasional, kali ini terkait dengan pencapaian target inovasi daerah. Pada ajang Innovative Government Award (IGA) 2023 yang kembali digelar di Gedung Sasana Bakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (12/12/2022),

Kabupaten Lampung Selatan meraih Predikat Kabupaten Sangat Inovatif. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Pejabat Kementerian Dalam Negeri kepada Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Selatan, Muhammad Yusup, S.STP., M.M.

Acara penyerahan penghargaan IGA Award ini dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Dalam sambutannya, Menteri Tito menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mencetuskan berbagai Inovasi Daerah bagi kemajuan Bangsa dan Daerah yang tentunya bermanfaat bagi khalayak luas. Penghargaan IGA 2023 ini diberikan kepada 95 Pemerintah Daerah yang terbagi dalam 11 kategori.
Dan pada hari ini rabu 13/12/2023 penghargaan tersebut diterima oleh Bupati Lampung Selatan di ruang kerjanya yang diserahkan oleh Kepala Balitbang Kabupaten Lampung Selatan, Muhammad Yusup, S.STP., M.M.dengan di dampingi oleh Sekretaris Balitbang Iwan Abdulroni serta Lafran habibi, ST, MT kabid inovasi dan teknologi.

untuk diketahui Lampung Selatan termasuk dalam 41 kabupaten dengan kategori Sangat Inovatif, yaitu peringkat ke 28 dari 415 kabupaten yang berpartisipasi dalam ajang penghargaan IGA Award 2023 dan Pencapaian Predikat Kabupaten Sangat Inovatif ini menjadi salah satu prestasi penting dan sangat dinantikan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, dimana pada tahun-tahun sebelumnya masih berpredikat Inovatif. Capaian Kabupaten Lampung Selatan yang diraih dalam Penilaian Inovasi Daerah oleh Kemendagri adalah sebagai berikut, tahun 2020 dengan skor inovasi daerah 339 berada pada kategori Kurang Inovatif,  tahun 2021 dengan nilai Indeks Inovasi Daerah 49,48 termasuk pada kategori Inovatif, selanjutnya pada tahun 2022 dengan nilai Indeks Inovasi Daerah 59,92 juga masih pada kategori Inovatif. Dan akhirnya pada tahun 2023 ini Kabupaten Lampung Selatan dapat meraih predikat ”Sangat Inovatif” dengan nilai Indeks Inovasi Daerah 62,06. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 400.10.11-6287 Tahun 2023 tentang Indeks Inovasi Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota Tahun 2023.

Pada penilaian Inovasi Daerah tahun 2023 ini, terdapat 71 inovasi daerah yang dilaporkan dan dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Lampung Selatan memiliki beberapa inovasi unggulan yang mana juga telah dilombakan pada ajang Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Lampung Selatan (LINDA LAMSEL) Tahun 2023 November lalu, antara lain: inovasi.

”Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Desa (PAK KADes)” dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, inovasi ”Kamus Indikator Perencanaan Pembangunan Kabupaten Lampung Selatan (KICAP LAMSEL)” dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, inovasi ”PBB Online” dari Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, inovasi.

”Perkim Peduli Rumah Bencana (Peri Rencana)” dari Dinas Perumahan dan Permukiman, inovasi ”Budidaya Dan Pengolahan Daun Kelor (BUPELOR)” dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, dan inovasi ”Budidaya Udang Rendah Salinitas (BUNGRESA)” dari Dinas Perikanan.

IGA Award yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini merupakan salah satu apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan lewat cara-cara yang inovatif. Oleh sebab itu, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mendorong agar seluruh Perangkat Daerah, termasuk Kecamatan, Sekolah, serta Puskesmas yang ada di Kabupaten Lampung Selatan terus memunculkan inovasi-inovasi terbarunya demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, demi terwujudnya Masyarakat Lampung Selatan yang Berintegritas, Maju dan Sejahtera dengan Semangat Gotong Royong.(Saz)
Share:
Komentar

Berita Terkini