-->

Bersih Desa Pekon Gadingrejo Adakan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk

Publish: Indragiri pos ----
PRINGSEWU LAMPUNG,-Peringati tahun baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah Pekon Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu adakan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.Sabtu 27 juli 2024.
 
Kegiatan ini rutin di adakan setiap memasuki Tahun Baru Islam atau Bulan Suro ( dalam bahasa Jawa ). Acara ini dilaksanakan untuk kegiatan " Bersih Desa", dengan mengadakan Pagelaran Wayang Kulit  Lakon " Gatotkoco Wisudo " Ki Dalang Teguh Surono dari Waringin Sari Kecamatan Sukoharjo.

Hadir dalam acara ini Camat Gadingrejo, Kapolsek Gadingrejo, Danramil Gadingrejo, Ketua Apdesi, Anggota DPRD Kabupaten Pringsewu, PPK Gadingrejo, PPS Pekon Gadingrejo, Kepala Pekon se Kecamatan Gadingrejo, Bhabinsa, BhabinKamtipmas, Kepala Pekon Gadingrejo Sariman, BHP, Aparatur Pekon Gadingrejo, beserta Warga Masyarakat.

Kepala Pekon Gadingrejo Dalam pidatonya menyampaikan bahwa kita semua semoga selalu mendapatkan nikmat dari Allah SWT dan apa yang kita lakukan akan lebih baik dari tahun sebelumnya serta kedepannya akan jauh lebih baik lagi, kepada masyarakat yg memiliki usaha akan selalu di beri kelancaran dalam menjalankan usahanya dan semoga kita semua di berikan keslamatan dan di jauhkan dari segala marabahaya pungkasnya,

Ketua BHP Rudi Siswardi yang di wakili oleh Sekertaris BHP Murdato dalam Pidatonya juga menjelaskan sedikit sejarah Pekon Gadingrejo. Pada tahun 1907 datang dari tanah Jawa tepatnya dari Purworejo di pimpin oleh ketua rombongan bernama Dhopo Rejo, untuk membuka satu tempat atau lahan.

menemukan gading gajah, membuat kesepakatan dengan sebutan Gading Rejo, karna dulu terkenal banyak binatang gajah.Peristiwa ini di lihat dari penemuan gading gajah di dasar sungai, Gadingrejo merupakan kombinasi antara nama ketua rombongan dengan penemuan gading di dasar sungai. Pada tahun 1926 menjadi Ibu Kota Kecamatan  hingga saat ini.

Kepala Pekon Gadingrejo Sariman  setelah di jumpai Awak Media juga  menjelaskan, kegiatan pagelaran Wayang Kulit malam ini merupakan Puncak dari kegiatan yang sudah terlaksana sebelumnya, seperti Khotmil Qur'an, Riungan atau Kenduri, Gadingrejo Bersholawat, Pengajian Akbar Bersih Desa. Kegiatan merupakan kegiatan yang  rutin di adakan setiap tahunya, sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah. 

Saya berharap masyarakat ikut serta dalam mendukung program program dan bersama kita mewujudkan cita - cita Pekon Gadingrejo lebih maju dan berkembang untuk masa yang akan datang memajukan Pembangunan, Perekonomian masyarakat", Pungkasnya.

(FERI)
Share:
Komentar

Berita Terkini