-->

Dukung UMKM Berbasis Kearifan Lokal, Bunda Reny Lantik Pengurus DPC IWAPI Way Kanan Periode 2024-2029

Publish: Indragiri pos ----
WAY KANAN LAMPUNG, - Dewan Pengurus Cabang Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPC IWAPI) Way Kanan gelar pelantikan & pengukuhan ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Way Kanan dengan tema 'Peran IWAPI Way Kanan dalam Mengembangkan dan Memajukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal' bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Way Kanan, Rabu (17/07).

Ketua DPC IWAPI terpilih periode 2024-2029, Dr. Hj. Rina Marlina, M.Si berharap seluruh pengurus DPC IWAPI se-kabupaten Way Kanan dapat melaksanakan kewajiban dan sepenuhnya mendukung pembangunan ekonomi di kabupaten Way Kanan.

"Kita harus saling bahu-membahu untuk membuat Way Kanan sukses, maju dan sejahtera.Terutama mendorong usaha-usaha kecil dan menengah yang ada di kabupaten Way Kanan. Yang sudah ada kita besarkan dan kita bantu baik secara pemasarannya bahkan mungkin nanti kita cari peluang-peluang permodalannya, aksebilitasnya kita juga bantu melalui IWAPI,"katanya.

Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Lampung Dr. Hj. Armalia Reny Madrie, S.P.,M.M. dalam sambutannya mengatakan organisasi IWAPI di bentuk oleh para pendahulu sebagai salah satu wadah  mensupport para wanita untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Anggota IWAPI di seluruh Indonesia 85% adalah pengusaha kecil, 13% menengah dan 2% Besar. Saat ini sudah tersebar di 34 Provinsi dan akan menyusul 4 provinsi di puncak Papua yang akan segera terbentuk DPD baru sehingga total nantinya DPD IWAPI ada di 38 provinsi, artinya  IWAPI hadir diseluruh wilayah Indonesia,"katanya.

Wanita yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Mitra Indonesia dan Koordinator Global Surya Islamic School menyampaikan IWAPI didirikan untuk menjadi wadah UMKM khusus wanita, sehingga menjadi wadah UMKM di tingkat Nasional bahkan Internasional.

"IWAPI dengan ketua umumnya Ibu Nita Yudi, saat ini menjadi organisasi wanita terbesar tingkat Nasional dan ASEAN dan ini sangat membanggakan kita semua. Visi IWAPI menjadikan organisasi wanita pengusaha berkembang dan maju mencapai peningkatan ekonomi sejahtera yang nantinya menjadi sebuah organisasi pengusaha wanita terbaik di tingkat Nasional bahkan harapannya  Internasional,"ujarnya.

Lebih lanjut Bunda Reny, sapaan akrabnya berpesan kepada ketua DPC Way kanan beserta jajaran yang hari ini dilantik dan dikukuhkan untuk bersinergi dengan pemerintah daerah.

"Bangun sinergi yang baik dengan pemerintah daerah, lalu ibu sebagai ketua DPC kita membuat program kerja unggulan, apa ciri khas Way Kanan, seperti tapis Jung Sarat. Kekhas-an Way Kanan seperti kerajinan, kuliner sehingga jadi kebanggaan pada saat tamu-tamu datang. Untuk wisata Way Kanan banyak air terjun dan air panas, maka infrastruktur perlu ditingkatkan ciri khas Way Kanan akan muncul dan menjadi daya tarik wisatawan untuk hadir,"pesannya. 

Keberhasilan IWAPI di tangan Bunda Reny memboyong banyak prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, di buktikan dengan banyaknya penghargaan bahkan setiap tahunnya DPD IWAPI Lampung selalu mendapatkan bantuan baik program pelatihan maupun anggaran dari pemda.

"Alhamdulillah Lampung dapat penghargaan teladan tingkat nasional peringkat ke-3 karena kami melakukan pembinaan kepada UMKM, salah satunya mengurus NIB yang diserahkan langsung oleh Deputi Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bapak Achmad Idrus, didampingi menteri BUMN Bapak Erik Thohir dan menteri Perdagangan Bapak Zulkifli Hasan di tahun 2022. Pelatihan-pelatihan dengan menggandeng tokopedia sebagai salah satu upaya agar produk IWAPI menembus pasar digital. Dan yang paling membanggakan saat IWAPI Lampung mendapat juara 1 Pengusaha teladan Batik khas Lampung," pungkasnya.

Bupati Way Kanan yang di wakili oleh wakil Bupati, Drs.H.Ali Rahman.MT mengucapkan selamat atas pelantikan ketua DPC IWAPI Way Kanan., 

“Mudah-mudahan pelantikan dan pengukuhan DPC IWAPI Way Kanan ini menjadi suntikan semangat dan motivasi untuk dapat menjalankan kepengurusan dengan amanah dan penuh tanggung jawab,” pesannya.

Lebih lanjut Ali Rahman berharap DPC IWAPI Way Kanan yang baru saja di lantik dan di kukuhkan bisa mendorong dan menginspirasi upaya memperkuat peran perempuan di dalam kegiatan usaha.

"Perempuan dalam dunia usaha tidak bisa dipandang sebelah mata. IWAPI merupakan wadah kesatuan wanita pengusaha di Indonesia yang diharapkan dapat memberdayakan dan memperkuat perempuan dalam kegiatan usaha, the power of woman,” tegasnya.

Pelantikan dan pengukuhan Ketua DPC Way Kanan di hadiri oleh senator Lampung Bustami Zainudin, jajaran muspida, kepala OPD di lingkungan Kabupaten Way Kanan, pengurus DPD IWAPI provinsi Lampung, perwakilan DPC IWAPI kabupaten/kota se-provinsi Lampung, Mitra kerjasama DPC IWAPI Way Kanan serta perwakilan organisasi wanita se-kabupaten Way Kanan. (Habibi).
Share:
Komentar

Berita Terkini