-->

Dua Parpol Peserta Pemilu Dukung Nanang Ermanto Maju Pilkada Lamsel

Publish: Indragiri pos ----
KALIANDA LAMSEL,-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Perindo dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Lampung Selatan menyatakan dukungannya kepada kandidat petahana Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dalam pilkada serentak 2024.  

Dukungan dua parpol non parlemen tersebut tertuang dalam surat dukungan yang ditandatangani oleh masing-masing Ketua DPD. Bahkan, dengan pernyataan siap memenangkan H. Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan dua periode dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Saat di konfirmasi, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Lampung Selatan, Joko Purnomo S.Pd mengatakan, penyampaian dukungan untuk kandidat petahana tersebut merupakan sikap politik dan juga sebagai bentuk dorongan moril dari masyarakat Lampung Selatan kepada figur pemimpin yang telah teruji dan terbukti.

"Dukungan Partai Hanura ke Pak Nanang Ermanto untuk maju kembali sebagai calon bupati pada pilkada 2024 ini, dilatarbelakangi rekam jejak beliau selama menjabat sebagai kepala daerah. Selain sejumlah torehan prestasi yang dibuktikan dengan ganjaran penghargaan baik dari pemerintah daerah provinsi Lampung maupun dari pemerintah pusat, pak Nanang juga dikenal bupati yang dekat dengan masyarakatnya," ungkap Joko, Rabu (7/8/2024). 

Dia menilai, Nanang Ermanto adalah sosok pemimpin ideal yang telah meraih segudang prestasi. Disamping itu, juga dianggap memiliki budi pekerti yang sederhana dan juga humble atau rendah hati. 

"Memang benar Hanura tidak memiliki kewenangan untuk mengusung pasangan calon, namun raihan suara Partai Hanura yang mencapai sekian ribu suara merupakan bentuk dukungan rill untuk memenangkan Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan periode 2025-2030," tegasnya. 

Dia melanjutkan, dukungan yang diberikan itu merupakan hasil konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh jajaran partai. Lalu, disepakati dukungan Partai Hanura ke Nanang Ermanto merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Setiap kader, simpatisan Partai Hanura di seluruh wilayah Lampung Selatan diwajibkan untuk turut memenangkan Hi Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan. Lanjutkan!," tukas warga Kecamatan Katibung ini.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Lampung Selatan, Deden Alindo. Dia menegaskan, dukungan Partai Perindo ke kandidat petahana merupakan tindak lanjut dari aspirasi yang dijaring oleh partai besutan Angela Tanoesoedibjo dari tingkat bawah.

Menurut Deden, keberhasilan Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan dalam pembangunan yang merata di segala bidang menjadi alasan utama masyarakat untuk kembali memilih petahana sebagai kepala daerah dua periode. Terlebih, program pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat bawah, seperti bantuan bedah rumah, program pendidikan hingga kesehatan yang menjadi alasan kuat masyarakat masih mempercayai Nanang Ermanto untuk memimpin Bumi Khagom Mufakat ini.

"Masyarakat menilai sejumlah program pembangunan bagi masyarakat kecil memang benar-benar bermanfaat dan menyentuh langsung kepada masyarakat. Pak Nanang juga dinilai pemimpin yang rendah hati yang dekat dengan masyarakatnya dan tak pernah menjaga jarak, dengan siapa pun orangnya. Selain itu, gaya hidup pak Nanang beserta keluarganya yang sederhana menjadikannya pemimpin yang sangat diidolakan oleh masyarakat luas. Disini saya bicara fakta, semua bisa menilai secara langsung. Pokoknya Partai Perindo tegaskan, Lanjutkan Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan dua periode," tukasnya.

Sementara itu, Liaison Officer (LO) Tim Nanang Ermanto, Pantra Agung Oki Riyanto, SH., MH menyambut baik dukungan oleh Partai Hanura dan Partai Perindo ke kandidat petahana Bupati Lampung Selatan Hi Nanang Ermanto.

Menurut Oki, pernyataan dukungan 2 partai non parlemen tersebut merupakan dukungan murni masyarakat Lampung Selatan tanpa campur tangan elit partai politik yang menjadi momok karena memiliki kekuasaan untuk menentukan pasangan calon. 

"Apresiasi setinggi-tingginya saya ucapkan kepada kawan-kawan dari Partai Hanura dan Perindo atas pernyataan dukungan dan siap memenangkan bapak kita semua, bapak Nanang Ermanto dalam pemilihan kepala daerah serentak 2024 ini. Saya yakin dan percaya pernyataan dukungan ini merupakan arus suara riil masyarakat mewakili sebagian besar aspirasi rakyat Lampung Selatan yang menginginkan kembali pak Nanang Ermanto melanjutkan pembangunan yang sudah berjalan di Lampung Selatan," ungkap Oki.

Disisi lain, lawyer muda yang familiar disapa Oki ini mengungkapkan optimisme kandidat petahana Nanang Ermanto bakal memperoleh dukungan koalisi parpol untuk mengusung Ketua DPC PDIP Lampung Selatan itu sebagai peserta dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan 2024.

"Insya Allah kami yakin pasti berlayar sebagai peserta pilkada 2024 ini. Allah kuasa, mahluk tak kuasa. Apalagi mengingat telah jauh-jauh hari berkomunikasi hingga menjalani proses panjang dengan sejumlah partai politik bakal pengusung. Kami yakin dan percaya, atas dukungan dan doa seluruh masyarakat Lampung Selatan, bapak Nanang Ermanto dapat mengikuti kontestasi dan kembali terpilih sebagai Bupati Lampung Selatan," kata Oki.

Disinggung mengenai adanya skenario hanya ada 1 paslon sebagai peserta pilkada dengan melawan kotak kosong, Oki sepertinya tidak mau banyak berkomentar. Namun Oki tak menampik jika skenario tersebut tak bertentangan dengan konstitusi. 

Namun demikian, Oki berpendapat fenomena 1 paslon melawan kotak kosong menjadikan pilkada terasa hambar dan kurang gairah dengan gelaran pesta demokrasi yang terasa kurang kompetitif. Menurut Oki, alhasil masyarakat pemilih dipaksa dihadapkan dengan keterbatasan varian pilihan paslon. 

"Kalau bicara aturan memang tidak ada yang dilanggar. Tapi jika bicara demokrasi, maka seperti terasa ada yang kurang. Berasa kurang greget. Masyarakat pemilih tidak diberi alternatif pilihan sebagai pembanding antar pasangan calon. Saya pribadi menilai fenomena melawan kotak kosong ini kurang baik bagi pendidikan politik masyarakat kita," pungkas alumnus FH Unila 2011 ini.(Saz)
Share:
Komentar

Berita Terkini