-->

Rombongan Yasinan Emak Emak Al-Istiqomah Gelar Wisata Religi Ziarah ke Wali di Lampung

Publish: Indragiri pos ----
PRINGSEWU LAMPUNG,-Dalam rangka menguatkan keimanan dan ketaqwaan, rombongan jamaah emak-emak  yang tergabung pada kelompok yasinan Al-Istiqomah Pekon Podomoro Dusun 002 Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu  menggelar acara wisata religi, Ziarah wali di Lampung. Minggu (28/juli/2024).

Al-Istiqomah merupakan sebuah kelompok atau perkumpulan yasinan  emak emak di Pekon Podomoro Dusun 02 yang biasanya rutin dalam melaksanakan kegiatan yasinan di setiap Minggu,  yang dilaksankan dengan cara bergiliran dari rumah ke rumah para jamaah.

Rombongan Yasinan yang ikut dalam wisata religi ziarah sebanyak kurang lebih 100 emak-emak Majelis Taklim Al-istiqomah menggelar “Wisata Religi yaitu berziarah ke makam wali. Sementara rute yang di tempuh pada kegiatan wisata religi tersebut di seputaran Lampung, mengawali ziarahnya rombongan emak emak itu berangkat dari pekon Podomoro dusun 02  pukul 06.30 Wib.

Adapun dalam momen wisata religi ini emak-emak Al-Istiqomah ziarah ke makam
KH Gholib Pringsewu,Tubagus Mahmum teluk Betung,Tubagus Yahya di Lempasing,Tubagus Sangkrah di pantai Quin Arta.

Usai melaksanakan ziarah, kemudian rombongan yang didominasi oleh emak-emak  ini melanjutkan wisatanya menuju ke masjid masjid Al Anwar, masjid tertua di Lampung berdiri sejak tahun 1888.

Berada di Masjid Al Anwar 
para jamaah Al-Istiqomah  melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan beristirahat sejenak di lokasi tersebut sembari menikmati makan dan minum.

Sementara, Ibu Hamidah  selaku Ketua Kelompok Yasinan Al-Istiqomah  mengungkapkan, program ziarah dan wisata religi ini adalah salah satu upaya untuk bertafakkur serta tadabur alam. Selain meningkatkan ketaqwaan, dalam kegiatan tersebut tak lain juga untuk mempererat hubungan silaturahim antar jamaah.

“Hal ini juga sebagai salah satu cara untuk mengenal wali wali Allah, dimana beliau adalah seseorang yang telah berjasa berjuang dalam menegakkan agama islam di tanah Lampung ini terangnya.dan saat ziarah kita akan di pimpin oleh Ust.Saeful Anwar dan ust.Sholihin. terang Hamidah.

Menurut Hamidah , mengaji tidak melulu harus di masjid, majlis taklim, kelas atau ruangan, namun mengaji bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Seperti halnya saat perjalanan, ibu Hamidah  didampingi pengurus mengajak para jamaah mengaji dan bersholawat di dalam bus setiap perjalanan menuju tempat yang lain hingga sampai di lokasi tujuan.

“Kita punya program wisata religi, yaitu mengaji sembari berekreasi. Hal ini kita lakukan agar supaya aktivitas mengaji menyenangkan dan tidak membosankan,” ungkapnya

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak emak-emak jamaah yasinan  untuk terus dan semangat dalam menuntut ilmu agar dapat menjadi garda terdepan penegakan islam, minimal di dalam rumah tangganya sendiri.

Salah satu jamaah Al-istiqomah Mpok Wati mengatakan, jika dirinya bersama rombongan yang lain mengaku senang adanya kegiatan ziarah ke makam para wali dan berwisata religi. Menurutnya, selain dapat mendoakan para pejuang Islam dan menambah ilmu pengetahuan.

“Semoga kegiatan ziarah wali dan wisata religi seperti ini dapat berkelanjutan, entah setahun sekali atau berapa bulan sekali dengan cara menabung. Karena dengan wisata religi seperti ini kita bisa mendapatkan dua manfaat yaitu tetap belajar agama sekaligus refresing,” ujar Mpok Wati.(Feri)
Share:
Komentar

Berita Terkini